Teknik dan Proses Pembelajaran
Pembelajaran dengan membentangkan kertas Plano
Selama SP belum memiliki tempat belajar tetap, proses belajar dilakukan secara bergilir dari rumah ke rumah yang lain.
Proses belajar dilakukan secara partisipatif dan difasilitasi oleh seorang fasilitator
Metode pembelajaran dilakukan dalam kemasan permainan(game), diskusi (dinamika) kelompok, simulasi, praktek dan workshop, tugas rumah, tugas penulisan, riset sederhana, bazaar, menonton film, membuat film, pentas seni, outbond, kunjungan belajar, magang.
Materi pembelajaran disusun bersama, sesuai dengan kebutuhan tiap kelompok. Materi diidentifikasi dan disusun sesuai dengan kebutuhan serta minat dari peserta, sehingga penyususnan materi dilakukan dengan melibatkan semua peserta belajar.
-
Dalam Prose
Pembelajaran
-
pembelajaran
berbasis masalah, tema pembelajaran berdasarkan masalah, tidak terlepas dari
konteks masalah yang sedang dihadapi dan berusaha memecahkan masalah tersebut
-
pembelajaran
harus menyenangkan
-
berangkat
dari kemauan dan kebutuhan peserta sendiri
- anak-ank menjadi pusat kegiatan, bukan
fasilitatornya
0 comments:
Post a Comment