Friday, March 18, 2016

Menunggu Hujan Datang

Beberapa bulan sebelum musim hujan tiba, kami telah bersiap menyambutnya. Menyiapkan lahan-lahan garapan. Mencangkulnya biar lebih gembur, menambahkannnya rabuk, pupuk kandang, dan abu. Di tahun ini kami juga bertekad memperbaiki lapisan topsoil tanah, membuatnya lebih gembur dan sehat. Kami menambahkan sebanyak mungkin massa organic dan kompos. Agar banyak microba hidup dan bekerja dalam tanah. rasa capek dan panas menyengat tidak kami perdulikan. Kami pikir dan bertekad, lahan harus segera siap sebelum hujan datang — with Oki Cahya, Chandra Prijosusilo, Nissa Wargadipura and Murni Thok.
 menambahkan uwuh (dedaunan), kompos, kotoran ternak, abu untuk rehabilitasi lahan — withTranspiosa Riomandha, Setiawan Aji, Chandra Prijosusilo and Nissa Wargadipura.

Saat kemarau panjang, seperti tahun ini, keberadaan setetes air sungguh berharga bagi desa-desa di kecamatan Panggang, termasuk Desa Girimulya. 

Strutur tanah yang terdiri dari karst membuat masyarakat tak bisa membuat sumur. 

Sejak tahun 2013 terpasang instalasi PDAM, tapi aliran airnya takbisa diharapkan tiap hari. Di musim kemarau tahun ini, air PDAM bisa mengalir seminggu s.d 2 minggu sekali. Kebutuhan air warga hanya bisa dipenuhi dengan cara belanja air. Setangki isi 5000liter seharga 150rb.

Keterbatasan air membuat masyarakt tak bisa bertanam sepanjang tahun. Karena hanya mengandalkan air hujan, menanam bisa dilakukan selama hujan masih mengguyur. 

Beberapa bulan sebelum musim hujan tiba, kami telah bersiap menyambutnya. Menyiapkan lahan-lahan garapan. Mencangkulnya biar lebih gembur, menambahkannnya rabuk, pupuk kandang, dan abu. 

Di tahun ini kami juga bertekad memperbaiki lapisan topsoil tanah, membuatnya lebih gembur dan sehat. Kami menambahkan sebanyak mungkin massa organic dan kompos. Agar banyak microba hidup dan bekerja dalam tanah. rasa capek dan panas menyengat tidak kami perdulikan. Kami pikir dan bertekad, lahan harus segera siap sebelum hujan datang

Selain menyiapkan lahan, kami menyiapkan aneka benih untuk ditanam. Benih PADI kami tanam sebelum hujan datang. Sementara benih sorgum, cantel, waluh, umbi-umbian, tanaman legum spt kacang tanah, koro, benguk, kami siapkan dulu untuk ditanam ketika hujan sudah datang dan tanah sudah basah dan lembab

Aliran dan limpahan air gratis hanya didapat saat hujan datang. Saat hujan turun dari langit, saat itulah Berkah langit turun mengguyur. 

Saat hujan turun semua tanaman bersemi dan menghijau, semua orang menanami kebunnya, stok pangan melimpah; anak-anak bisa mandi berkali-kali dan berhujanan sepuasnya, rumput dan rambanan banyak, kambing dan sapi tak lagi diet, pakan melimpah. Saat hujan turun, semua menampungnya di bak-bak semen besar. untuk kebutuhan sehari-hari, minum, makan dan mandi, ngombor ternak dan menyiram tanaman. 

Saat hujan tiba semua orang di desa seperti ‘berpesta kerja’. Merayakan sukacita berkah hujan dengan sibuk bekerja di kebun. Menanam segala. Aneka pangan yang dibutuhkan untuk hidup setahun kedepan.

cemplongan yang diiisi uwuh, kotoran ternak, kompos, abu
menyiapkan media tanam
menanam padi. sebelum hujan tiba — with Murni Thok.
menanam padi, menunggu hujan tiba
 sekitar seminggu sebelum hujan pertama datang, kami tanam dulu benih padinya
Ara, ikut menaburkan uwuh di cemplongan
persiapan benih legum dan cantel
 
 sorgum
bancaan di kebun
 
 
 
 
 
 

0 comments:

Post a Comment