Friday, March 18, 2016

kebun halaman basecamp...




Salah satu basecamp tempat kami berkumpul dan belajar adalah di rumah kayu milik pak yanto (bapak dari marsini). Interaksi yang intens dengan pak yanto,membuat beliau banyak mengetahui kegiatan, rencana dan cita-cita kami. 

Selanjutnya karena kebaikan hati pak yanto, membuat beliau ikhlas untuk mememinjam kan beberapa lahan produktifnnya untuk kami kelola. Ada 2 lahan yang dipinjamkan kepada kami (Sekolah Pagesangan/SP, yaitu, yang pertama adalah halaman rumahnya ('basecamp') dan yang kedua adalah lahan kepuket (baru ditanami).

Setahun lalu, halaman depan 'basecamp' ini adalah tanah berwarna coklat muda, keras, dan liat. Biasanya di musim hujan, pak yanto menanaminya dengan jagung dengan menambahkan pupuk urea. Penambahan urea menambah penderitaan tanah ini yang memang sudah tipis lapisan top soilnya. Kondisi tanah yang sangat keras,pecah-pecah (saat kemarau), rasanya tidak mungkin di tanami dan membuatnya subur

Untuk merehabilitasinya, kami memilih memberikannya sebanyak mungkin masa organik dan menanam banyak jenis legum . hampir 1 ton kompos kami buat secara mandiri dan simultan untuk 'mengurug' lahan ini. Setiap minggu kami menargetkan membuat 1kwintal kompos, dan proses pembuatan kompos kami lakukan setiap minggu selama hampir setengah tahun.

Setelah lahan 'siap', semester lalu kami menanam hijauan yang beragam, beragam jenis sayuran, terutama jenis legum (koro-koroan) dan buah. legum sangat membantu menyuburkan karena legum memiliki bintil akar yang bekerjasama dg mikoriza mengikat Nitrogen, pupuk alami bagi tanaman.

Rasa capek dan keringat yang mengucur, kini tebayar, kodisi sudah jauh berubah. Lahan yang dulunya gersang, sekarang lebih hijau dan produktif. Setiap hari sayuran dipetik untuk dimasak. buahnya juga kami makan...

kebun ini hasil kerjakeras dari tim hebat murni, marsini, oki, livia, arni, hanan, wulan, heryanti, putri, bekti

Damai berada diantara hijauan ini ...







0 comments:

Post a Comment