Friday, March 18, 2016

Menatap 2016


Salah satu proses penting, (dan bagi saya terpenting), dalam belajar bertani adalah proses menumbuhkan dan memperkuat pemahaman RELASI (hubungan) kita, manusia, secara fisik dan spritual dengan Tanah, Air, dengan segenap Makhluk yang hidup didalam maupun diatas tanah (tumbuhan, hewan yang kasat mata, maupun mikroba (jamur, bakteri, virus, kapang dll, yang butuh alat untuk melihatnya ). Pemahaman yang baik atas relasi tersebut, niscaya, secara langsung, memunculkan naluri merawat, menjaga, menyayangi dan mencintai apa yang ada pun yang ada didalam tanah, juga yang tumbuh diatasnya. Naluri-naluri inilah yang akan menuntun kita untuk terus secara aktif, tak akan ada habisnya bekerja merawat tanah, air, bumi dan kita. 

Upaya memahami relasi tersebut bisa didekati dengan beragam cara, strategi dan proses, untuk konteks Sekolah Pagesangan, kami kemas dalam beberapa program kegiatan. 
Untuk tahun 2016 SP mengagendakan 15 Program, 6 diantaranya sudah berjalan (Kebun SP, Kebun Personal, aktif di POJOG, Olahan Paska Panen, Kelompok Tani Remaja, Kelompok Tani Ortu, Koperasi Kompos), sementara ada 9Pokok pekerjaan yang menunggu dibereskan…

Dhenhokk Mharshinii Ragiel Oki Cahya Murni Plokk Lipiaa Tighasatu Siapkan dirimu karena Desamu telah memanggil dan menunggumu…Mari bergerak untuk desa, hidupmu, dan kehidupan!

#aruskecil #petanicihuy #petanirevolusioner#revolusimejamakan #dekatsehatkuat












0 comments:

Post a Comment